Friday 6 October 2017

jawaban elearning bahasa indonesia pertemuan2

1.  Awalan disebut juga.
○  Afiksasi
○  Prefiks
○  Simulfiks
○  Pasif
○  Naratif
Jawaban : Prefiks

2.  Kesesuaian antara bahasa dan fungsi pemakaiannya disebut...
○  Laras bahasa
○  Ragam bahasa
○  Sastra
○  Aneka bahasa
○  Frasa
Jawaban : Laras bahasa

3.  Contoh dari penggunaan kata ganti adalah...
○  Saya dengan aku
○  Saya dengan anda
○  Saya dengan dia
○  Saya dengan kamu
○  Saya dengan kalian
Jawaban :  Saya dengan aku

4.  Variasi bahasa yang terbentuk karena pemakaian bahasa disebut...
○  Rahim bahasa
○  Ragam bahasa
○  Aneka bahasa
○  Laras bahasa
○  Fonem
Jawaban : Ragam bahasa

5.  Imbuhan disebut juga...
○  Afiksasi
○  Prefiks
○  Simulfiks
○  Sufiks
○  Konfiks
Jawaban : Afiksasi

6.  Merupakan salah satu ciri dari ragam bahasa lisan adalah...
○  Dilafalkan langsung dari penuntunnya
○  Ditulis dikertas
○  Dicetak dibuku
○  Baku
○  Penerus tradisi
Jawaban : Penerus tradisi

7.  Berikut merupakan contoh dari penggunaan awalan...
○  Gambarin
○  Membaca
○  Laporin
○  Tulisin
○  Nyerahin
Jawaban : Membaca

8.  Perbedaan antara ragam bahasa formal, semiformal dan non-formal antara lain...
○  Situasi ketika pembicaraan berlangsung
○  Menggunakan imbuhan
○  Menggunakan bahasa inggris
○  Menggunakan bahasa tubuh
○  Situasi keamanan nasional
Jawaban : Situasi ketika pembicaraan berlangsung

9.  Berdasarkan situasi pemakainya ragam bahasa terdiri atas...
○  Satu bagian
○  Dua bagian
○  Tiga bagian
○  Empat bagian
○  Lima bagian
Jawaban : Tiga bagian

10.  Kriteria yang digunakan agar ragam bahasa formal dirubah menjadi resmi diantaranya...
○  Penggunaan bentukan kata secara lengkap dan tidak merupakan ragam bahasa
○  Penggunaan bentukan kata tidak lengkap dan disingkat
○  Penggunaan ejaan yang tidak baku
○  Fungsi gramatikal yang tidak konsisten
○  Penggunaan imbuhan yang tidak konsisten
Jawaban : Penggunaan bentukan kata secara lengkap dan tidak merupakan ragam bahasa

No comments:

Post a Comment